7 Kunci Kebahagiaan Hidup Dunia Akhirat

Kunci bahagia
Menurut Kholifah Ali bin Abi Thalib ra, 7 Kunci Kebahagiaan adalah:

[1] Janganlah membenci siapapun, walau ada yang menyalahi hakmu
Dia saat banyak sekali hak-hak kita dilanggar, banyak sekali yang seharusnya menjadi milik kita, namun dengan kita menjaga agar kebencian tidak muncul dari hati dan jiwa kita, berarti kita telah mampu menyelamatkan diri, menjaga hati agar tidak ternodai.

[2] Janganlah bersedih secara berlebihan walau masalah sedang memuncak
Setiap manusia akan senantiasa menghadapi masalah, karena itulah kita dikatakan hidup. Setiap masalah bagaikan sebuat ujian dalam kenaikan kelas di bangku sekolahan. Masalah yang hadir juga bersama dengan solusinya, namun seberapa besar ketahanan dan kesabaran kita untuk bisa menemukannya. Karena tidak mungkin Allah SWT memberikan masalah yang diluar batas kemampuan hamba-Nya.

[3] Hiduplah dalam kesederhanaan sekalipun serba ada
Dengan hidup sederhana, bukan berarti kita menghilangkan nikmat yang telah Allah SWT anugrahkan kepada kita. Hidup sederhana adalah hidup dengan ukuran wajar yang cukup digunakan untuk seseorang menjalani kehidupannya. Hidup sederhana bukannya menjadikan materi tidak dapat digunakan, menjadikan diri terbelenggu oleh dunia yang tidak dapat dinikmati. Namun Hidup sederhana, menggunakan dunia sebatas kewajaran dan kecukupan saja, walaupun kita memilki segala yang ada.

[4] Berbuatlah kebaikan sekalipun banyak musibah
Semakin kita berbuat baik, sebenarnya kita sedang menanam investasi. Kebaikan yang kita berikan akan memberi dampak baik langsung maupun tidak langsung, baik cepat ataupun lambat terhadap kehidupan kita selanjutnya. Dan sebaik-baik kebaikan adalah yang dilakukan saat kita mengalami banyak musibah, karena keihlasan akan teruji, kesabaran akan terdeteksi.

[5] Perbanyaklah memberi walaupun anda dalam keadaan susahan
Sesungguhnya, dengan memberi, hati akan semakin bersih dan wajah akan berseri-seri. Pemberian yang terbaik adalah pemberian yang sangat dibutuhkan. Sedangkan pemberian yang utama adalah pemberian yang sebenarnya kita butuhkan namun kita utamakan untuk orang lain yang jauh lebih membutuhkannya.

[6] Tersenyumlah walaupun hatimu sedang menangis
Tetapnya menjadikan wajah yang ceria, ramah, murah hati dan murah senyum sebagai sedekah yang bisa kita berikan kepada saudar-saudara kita. Dan sedekah yang paling sederhana dan utama adalah menunjukkan wajah berseri-seri saat kita bertemu dengan orang lain untuk memberi harapan kebahagiaan, walaupun hati kita saat itu lebih membutuhkan.

[7] Jangan memutus do’a untuk saudara mukmin
Doa adalah kekuatan yang utama bagi seorang mukmin. Dengan kita berdoa, sejatinya kita sedang mendo’akan diri kita sendiri. Memberikan do’a yang terbaik kepada saudara kita, sama halnya kita berharap kebaikan dari saudara kita. Namun do’a yang buruk itu artinya keburukan juga kita harapkan.

Menjaga 7 kunci kebahagiaan sama hal nya dengan kita menjaga kesucian hati ini, hal ini untuk memudahkan pengaturan “frekuesi hati kita” dengan hati para penghuni surga.

Yaa Allah… Yaa Rohman … Yaa Rohim… Berilah kekuatan kepada kami agar senantiasa mampu memiliki, menjaga dan mengamalkan kunci-kunci kebahagiaan-MU di dunia untuk tujuan kebahagiaan yang abadi di Akhirat.

Aamiin Yaa Robbal ‘Alamin…
7 Kunci Kebahagiaan Hidup Dunia Akhirat 7 Kunci Kebahagiaan Hidup Dunia Akhirat Reviewed by Lazismu Pakusari on 7:02 AM Rating: 5